• WhatsApp Image 2022 02 11 at 11.07.57

  • 20170204 143352
  • 1 peresmian rumah dinas surabaya
  • WhatsApp Image 2022 02 11 at 11.07.58
  • pencanangan tahun gereja bks dps
  • WhatsApp Image 2022 02 11 at 11.07.57 1
  • BPMK GBKP KLASIS BEKASI DENPASAR PERIODE 2020-2025
  • PERESMIAN RUMAH PKPW GBKP RUNGGUN SURABAYA

Jadwal Kegiatan

Kunjungan Moderamen GBKP ke GBKP Klasis Bekasi-Denpasar

Minggu 14 Mei 2017:

1. GBKP Runggun Bandung Pusat

2. GBKP Runggun Bandung Timur

3. GBKP Runggun Bandung Barat

4. GBKP Runggun Bekasi

5. GBKP Runggun Sitelusada

Minggu 15 September 2019, Khotbah Kisah Para Rasul 26:16-18

Invocatio :

”Anak-anakku, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar” (1 Yoh.3:7).

Bacaan :

Amsal 3:11-18

Tema :

Buka mata, berbaliklah dari kegelapan

 

A. Pendahuluan
Kemajuan zaman dengan teknologi yang makin hari makin hebat, sering membuat kita terbawa arus. Beberapa bahkan banyak orang yang membiarkan hidup mereka dikuasai oleh keinginan daging sesuai dengan tuntutan kemajuan zaman. Kemungkinan ini tidak tertutup bisa juga terjadi pada kaum muda di gereja yaitu PERMATA, mereka terjerat dalam pola hidup memikirkan diri sendiri, malas ke persekutuan, pergaulan bebas dan narkoba. Kehidupan yang seperti ini tidak lagi dapat menjadi kesaksian bagiNya. Allah ingin kita bangkit dan kembali menjadi manusia yang seutuhnya bagiNya.

Salah satu tokoh dalam Alkitab yang memperlihatkan pertobatannya adalah Paulus. Paulus adalah seorang rasul yang sangat mempengaruhi wajah kekristenan sampai saat ini. Disebut berpengaruh karena sebagai orang yang terdidik dibawah guru besar taurat yang bernama Gamaliel. Rasul Paulus banyak melahirkan tulisan yang digunakan sebagai bahan pengajaran iman Kristen. Titik balik Paulus sehingga dapat menjadi seorang yang sangat dipakai oleh Tuhan adalah pertobatannya. Kehidupan Paulus menjadi bermakna ketika kuasa Roh Kudus yang beekerja dan diresponinya dengan sebuah pertobatan. Allah mengubah Paulus dari dari seorang penganiaya jemaat menjadi saksiNya terhadap semua orang.

B. Isi
1 Yohanes 3:7 berupa nasehat yang mengingatkan bahwa karena anugerahNya kita sudah menjadi anak-anak Allah. Oleh karena itu sebagai anak-anak yang dikasihiNya, kita harus mampu membedakan mana kehidupan yang terang bersama Allah, dan kehidupan yang gelap bersama iblis. Anak-anak Allah harus bisa membedakan antara terang dan gelap, kebenaran dan kejahatan serta mampu hidup dengan sungguh mengasihiNya dan seluruh ciptaanNya. Inilah pola hidup anak-anak Allah yang tidak lagi terpengaruh oleh pengajar-pengajar palsu.

Amsal 3:11-18
Ayat 11,12: “Hai anakku janganlah engkau menolak didikan Tuhan” memberi arti jangan menghina, memandang rendah dan menolak didikan Tuhan. Salomo menasehatkan supaya anak muda secara terus menerus tidak menolak, menghina dan memandang rendah didikan Tuhan. Hal ini bisa dipahami bahwa pada titik tertentu manusia sering dilanda kebosanan melakukan sesuatu termasuk menentang kebenaran Tuhan. Beberapa orang Kristen yang awalnya hidup daalam kebenaran Tuhan pada suatu saat malah menentang dan meninggalkan kebenaran Tuhan. Alasan bagi kita untuk secara terus menerus jangan menolak didikan Tuhan adalah karena Tuhan mengasihi kita seperti seorang ayah yang mengasihi anaknya. Harus diakui tidak mudah untuk menerima disiplin dari seorang ayah, begitu juga tidak mudah bagi kita orang percaya menerima disiplin dari Tuhan. Sukar memahami bahwa Allah yang mengasihi, tapi yang kita hadapi adalah kesukaran, ujian, penyakit, kegagalan dan penolakan. Tetapi harus di ingat bahwa Allah memiliki tujuan yang jelas dalam setiap langkah kehidupan manusia (bdk. Ibr.12:5-6).

Ayat 13-18 “Berbahagialah orang yang mendapat hikmat” bisa diartikan bahwa kebahagiaan akan menjadi milik seseorang apabila ia menemukan dan tidak pernah bosan atau secara terus menerus hidup dalam didikan Tuhan. Dalam ayat 16 dikatakan kekayaan dan kehormatan biasanyanya berjalan bersama, tetapi orang yang tidak menerima didikan Tuhan kaya tapi tidak terhormat/bijaksana. Hidup dalam didikan Tuhan akan memampukan kita menemukan kebahagiaan hidup yang sesungguhnya yang tidak berasal dari dunia, tapi berasal dari Tuhan.

Kisah Para Rasul 26:16-18
Masa lalu Paulus adalah masa lalu penuh dengan kebenaran dirinya sendiri. Paulus menceritaakan bagaimana kehidupan masa lalunya yang gelap dari kebenaran Tuhan, menurutnya ia telah melakukan hal yang benar. Namun kebenaran yang lahir dari diri sendiri hanya akan membuahkan hal yang salah. “amarah yang meluap-luap” (ay 11) adalah merupakan sebuah pengajaran yang dilakukan dengan cara yang tidak benar dan tidak kudus.

Ketika Paulus “ditangkap” Tuhan Yesus, ia menyerah dan tunduk, karena semakin ia memberontak, ia semakin sulit dan sakit. Paulus menyerahkan masa lalunya dan bertobat untuk memulai masa depan Bersama Tuhan.
Kehidupan pertobatan yang dilakukan oleh Paulus memiliki tujuan. Ketika Tuhan Yesus memanggil Paulus untuk mengikutNya, Tuhan memanggil dengan sebuah tujuan. “Aku akan mengutus engkau kepada mereka, untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa iblis kepada Allah” (17-18). Tuhan menyampaikan rencanaNya kepada Paulus, yaitu untuk menjadi alat di tanganNya bagi bangsa-bangsa lain. Pertobatan Paulus bukan saja meninggalkan masa lalunya yang kelam, melainkan juga bersedia untuk taat kepada rencana Tuhan.

C. Aplikasi
Ada pepatah mengatakan “masa muda adalah masa yang paling indah”. Secara fisik seorang pemuda pasti memiliki kekuatan yang prima, secara ilmu pengetahuan seorang pemuda pastilah menguasai banyak hal, perkembangan zaman, teknologi, isu-isu yang berkembang dan sebagainya. Dalam situasi seperti ini pemuda kadang-kadang merasa bahwa apa yang ia pikirkan dan butuhkan merupakan sesuatu yang harus dibenarkan dan dipenuhi kebutuhannya. Sering kita mendengar sulitnya gereja mengarahkan para pemuda untuk mengikuti misi dan visi gereja tersebut. Tuntutan ibadah yang membandingkan dengan gereja-gereja lain, metode ibadah, music gereja dan sebagainya sering menjadi alasan pembenaran para pemuda pindah ke gereja lain, ataupun tidak pindah keanggotaan, tapi malas atau tidak aktif digerejanya.

Di usia kategorial PERMATA yang ke 71 tahun, gereja mengharapkan PERMATA mampu mengunakan masa muda mereka, menjadi alat bagi kemuliaan Tuhan. PERMATA tidak lagi berjalan sesuai dengan kebenarannya sendiri, melihat kebelakang (masa lalu yang kelam atau kesalahan dan kekuarangan yang pernah ada). Allah memilih PERMATA, mengubah mereka dan memampukan mereka menjadi agen-agen perubahanNya dengan membuka mata dan berbalik dari kegelapan (Tema). Sama seperti Paulus dari seorang penganiaya jemaat menjadi “saksiNya terhadap semua orang”. Hidup dan surat-surat Paulus memberi pengajaran, inspirasi dan penghiburan bagi gereja pada masa awal sampai saat ini. Dan kemudian dipakai Allah untuk mengubah dunia di sekitarnya. Itulah harapan kita bagi PERMATA

Pdt Rena Tetty Ginting
GBKP Rg Bandung Barat

Minggu 25 Agustus 2019, Khotbah Matius 17:14-18

Invocatio :

“Ayah seorang yang benar akan bersorak-sorak; yang
memperanakkan orang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia.” (Ams. 23:24)

Ogen :

Ayub 1:1-5 (Tunggal)

Tema :

“Bapa yang Pengasih”

 

Pendahuluan
Setiap orangtua tentunya mengasihi anak-anaknya dengan sangat. Hal ini terlihat bagaimana orangtua berjuang dan berusaha agar seluruh kebutuhan anaknya tercukupi, bahkan semuanya yang diinginkan anaknya dapat diperolehnya. Pertanyaannya apakah dengan memberikan semua yang diinginkan anak adalah baik? Atau cukupkah dengan setiap hari kita berjerih lelah bekerja agar dapat meninggalkan sebidang tanah untuk masa depannya yang baik kelak?

Pembahasan
Injil Matius sarat dengan makna melakukan, yakni melakukan kehendak Bapa. Tidak jarang Yesus menegur/menentang gaya hidup orang-orang Farisi dan guru-guru agama yang sesungguhnya semu (tidak nyata, berpura-pura). Mereka tampil baik, namun sesungguhnya hati mereka jauh dari perbuatan mereka. Padahal iman dan perbuatan itu sejatinya adalah bersama.
Perikop Matius 17:14-18 berbicara tentang seorang laki-laki yang mendapatkan Yesus dan bersujud meminta kepada Yesus agar anaknya yang sedang sakit ayan dan menderita disembuhkan oleh Yesus. Ia juga menyatakan telah membawa anaknya kepada murid-muridNya tapi mereka tidak mampu menyembuhkannya. Setelah menegur murid-muridNya, Yesus menegur anak itu, lalu keluarlah setan daripadanya, sembuhlah ia.

Menarik bahwa dari kisah ini, ditemukan seorang ayah yang mengasihi anaknya. Kasihnya terlihat dari usahanya untuk mendapatkan kesembuhan anaknya. Pada pihak yang lain, kabar Yesus yang semakin cepat berkembang dikarenakan pengajaran dan mujizat yang IA lakukan. Tentu ayah tersebut berusaha mencari berita, dan menemui murid-murid. Akan tetapi, karena murid-murid tidak dapat menyembuhkan anaknya, ia berusaha menemui Yesus dan menyembahNya agar anaknya memperoleh kesembuhan. Hal ini dilakukannya, karena ia sungguh mengasihi anaknya dan merasakan kesakitan yang dirasakan anak itu – anaknya telah berulang kali masuk ke dalam api dan air. Melalui kisah seorang ayah tersebut, beberapa hal yang dapat diperhatikan bahwa: 1) kasih itu harus terlihat dari yang kita lakukan – bukan semu. 2) ayah yang berempati, merasakan sakit dan penderitaan anaknya, sehingga apapun dilakukannya untuk kesembuhan anaknya.

Demikian pula halnya dengan Ayub, seorang yang jujur dan saleh, takut akan Tuhan, dan seorang yang memiliki kekayaan yang berlimpah. Ia memiliki tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Anak-anaknya biasa melakukan pesta secara bergantian di rumah mereka – makan dan minum bersama. Setiap hari perta telah berlalu, Ayub memanggil anak-anaknya dan menguduskannya, serta keesokan harinya, pagi-pagi Ayub langsung membuat korban bakaran sejumlah anak-anaknya kepada Tuhan – kemungkinan anak-anaknya telah berbuat dosa kepada Tuhan.

Melalui kisah ayub juga kita menemukan seorang ayah yang mengasihi anaknya; 1) Takut akan Tuhan dan tidak mengandalkan kekayaan materi yang ada padanya. 2) senantiasa mengajarkan anak-anaknya; 3) rendah hati dan berhati-hati dalam mendidik anaknya.

Sesuai tema saat ini “Bapa yang Pengasih/penuh kasih”, melalui bahan khotbah dan bacaan ditujukkan bagaimana seharusnya bapa yang penuh kasih, yaitu bapa yang takut akan Tuhan, rela berkorban kepada anaknya, tidak mengutamakan kekayaan kepada anaknya, serta senantiasa mengajarkan takut akan Tuhan kepada anaknya. Inv: Ayah seorang yang benar akan bersorak-sorak; yang memperanakkan orang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia. Karena anak yang takut akan Tuhan adalah kebanggan orangtua.

Oleh karena itu, minggu ini merupakan minggu mamre/Bapa (HUT mamre 24 tahun), mengajak semua orangtua, khususnya mamre agar dapat menyatakan kasih bukan hanya dengan ucapan, tapi dari hati/pikiran, perbuatan, yang terlihat sebagai pengajaran/teladan sehari-hari kepada seluruh anggota keluarga.

Pdt. Iswan Ginting
GBKP Runggun Pondok Gede

Minggu 18 Agustus 2019, Khotbah I Petrus 2:9-10

Invocatio :

"Jemaat yang adalah tubuhNya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu"

Bacaan :

Ulangan 10:12-22 (T)

Tema :

"Bangsa Pilihan Allah"

 

Surat I Petrus ini dialamatkan kepada orang-orang Kristen (orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus) yang tersebar di bagian Utara Asia Kecil. Surat ini ditulis dengan tujuan untuk menguatkan orang-orang yang membaca surat ini yang pada saat itu mengalami penderitaan dan penganiayaan oleh karena iman percaya mereka kepada Tuhan Yesus Kristus.

Di dalam surat ini, orang-orang percaya (orang Kristen) di sebut sebagai bangsa pilihan Allah. Mengapa mereka disebut sebagai bangsa pilihan Allah?

Kalau kita lihat pada ayat sebalumnya (2:4-8) di sana jelas sekali perbedaan antara orang-orang Kristen dengan orang-orang yang menolak Kristus. Bagi orang percaya Kristus adalah batu penjuru tetapi bagi orang-orang yang tidak percaya Kristus adalah batu sandungan. Lebih jauh lagi di ayat 9 yang adalah nas renungan kita jelas sekali perbedaan antara orang-orang percaya dan yang tidak percaya bahwa kita adalah umat pilihan Allah. Hal ini ditulis oleh rasul Petrus supaya jelas terlihat perbedaan orang-orang percaya dan yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Orang-orang percaya memiliki identitas baru di dalam Kristus sehingga melalui identitas kita ini kita dapat menentukan prilaku kita sebagai orang-orang pilihan Allah.

Identitas kita yang baru di dalam Kristus ialah:

1. Bangsa yang terpilih (Umat Pilihan)

Allah telah memilih kita menjadi umat pilihanNya dan pemilihan ini adalah inisiatif Allah sendiri dan berdasarkan kemauan Allah sendiri. Kita dipilih bukan karena kuat dan hebat kita, bukan karena apa yang ada pada kita, tetapi Allah sendirilah yang telah memilih kita menjadi anak-anakNya dan alasan di balik pemilihan ini adalah anugerah Allah semata.

Kalau kita lihat di Ulangan 7:6-8, bagaimana Allah memilh bangsa Israel menjadi umat pilihanNya, bukan karena lebih besar atau lebih kecil bangsa Israel dari bangsa-bangsa lain, tetapi Allah memilih mereka menjadi umat kesayangan Allah karena Allah mengasihi mereka. Demikian juga dengan kita orang-orang percaya saat ini, kita dipilih berdasarkan rencana Allah (1:2) yang bersumber dari kasih dan kedaulatanNya (Ef 1:4-5,11), perbuatan baik bukan alasan bagi pilihan Allah atas kita (2 Tim 1:9).

2. Imamat yang rajani

Pada tradisi bangsa Israel, imam haruslah dari keturunan Lewi. Jabatan imam dan raja tidak pernah di letakkan pada orang yang sama. Namun bagi kita orang-orang percaya kedua jabatan ini “imam” dan “raja” diberikan sekaligus yaitu “imamat yang rajani”. Yang dimaksudkan di sini ialah melalui penebusan Yesus Kristus yang adalah Raja atas segala raja yang memerintah dunia ini juga sebagai imam yang adalah perantara antara Allah dan manusia yang telah berdosa, melalai penebusanNya itulah kita juga dilayakkan mendapatkan gelar imamat yang rajani yang telah menerima penebusan oleh Yesus Kristus dan yang telah di khususkan bagi Dia. Melalui penebusan Yesus itu kita menerima kemuliaan yang datangnya dari padaNya.

3. Bangsa yang kudus

Bangsa Israel disebut sebagai bangsa yang kudus bukan karena kebaikan mereka, tetapi bangsa ini di khususkan bagi Allah, di pisahkan dari bangsa-bangsa yang ada di sekeliling mereka. Demikian juga kita orang-orang percaya, bahwa kita disebut sebagai bangsa yang kudus karena kita di khususkan untuk Allah. Allah yang memanggil dan yang memilih kita adalah kudus jadi umat pilihanNya juga haruslah kudus.

4. Umat kepunyaan Allah

Bagaimana kita bisa menjadi umat kepunyaan Allah? Kalau kita baca di dalam Titus 2:14 menjelaskan bahwa semua ini karena karya Yesus Kristus. Melalui Yesus Kristus, Allah telah melakukan tindakan keselamatan dengan menyerahkan diriNya dan membebaskan kita dari segala kejahatan dan menguduskan kita sebagai umat kepunyaanNya

Sebagai respon kita terhadap pemilihan Allah bagi kita sebagai umat kesayanganNya kita harus memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia. Kita harus memberitakan karya keselamatan Yesus Kristus dan menjadi saksiNya sampai ke ujung bumi. Yang kita saksikan ialah perbuatan-perbuatan besar yang telah Allah lakukan untuk kita yaitu:

Yang telah memanggil kita keluar dari kegelapan kepada terangNya yang ajaib
Sebelum kita menerima penebusan Yesus Kristus, kita hidup di dalam kegelapan dosa. Kita tidak mamapu menjangkau terang Ilahi. Kita hidup dalam kegelapan dan tidak mampu berbuat yang benar karena kita dikuasi oleh dosa. Tapi melaui penebusan Yesus Kristus, kita dibawa keluar dari kegelapan dosa dan hidup di dalam terang Ilahi, menikmati anugerah keselamatan Allah.

Yang telah mengubah kita yang dulunya bukan umat Allah sekarang telah menjadikan kita umat kesayanganNya
Oleh karena dosa kita bukanlah milik Allah, tetapi melalui Yesus Kristus kita ditebus dengan darah yang mahal sehingga kita sekarang menjadi umat kesayanganNya

Dulu kita yang tidak dikasihani tetapi sekarang telah beroleh belas kasihan
Oleh karena dosa kita seharusnya menerima hukuman dari Allah. Kita tidak layak menerima berkat-berkatNya (bnd. Rm 6:23), tetapi karena kasih karuniaNya kita diubahkan menjadi umat kesayanganNya, yang di layakkan menikmati anugerah Allah.

Melalui minggu ini (minggu Tri Tugas Gereja) kita diharapkan sebagai umat pilihan Allah yang telah dikhususkan bagi Allah untuk tetap memiliki persekutuan dengan sesama umat pilihan Allah, kita harus tetap mampu menjadi saksiNya, menyaksikan perbuatan-perbuatan Allah yang ajaib serta mampu melayani orang-orang yang ada di sekitar kita karena kita telah terlebih dahulu menerima pelayanan Allah dalam hidup kita.

Kita juga di harapkan untuk tetap melakukan yang berkenan di hadapan Allah, hidup takut akan
Allah, hidup menurut jalan yang di tunjukkan Allah kepada kita, mengasihi Dia dengan segenap hati kia (bnd. Bacaan kita). Sehingga kita hidup tampil beda dengan orang-orang yang tidak percaya kepada Allah. Walau hidup di tengah tantangan kita harus mampu hidup sebagai anak-anak Allah.

Pdt. Evlida br Ginting
GBKP Runggun Klender

Info Kontak

GBKP Klasis Bekasi - Denpasar
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate

GBKP-KBD