Minggu 17 Juni 2018, Khotbah Ulangan 16:9-12
Invocatio :
Hari raya tujuh minggu , yakni hari raya buah bungaran
dari penuaian gandum,haruslah kau rayakan, juga hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun. (Keluaran 34 : 22)
Pembacaan nats :
Lukas 12 : 13 – 21 ( Tunggal )
Tema :
Memuliakan Tuhan dengan pesta panen
Pengantar
Panen adalah pemungutan (pemetikan ) hasil sawah atau ladang. Istilah ini paling umum dipakai dalam kegiatan bercocok tanam dan menandai berakhirnya kegiatan di lahan. ( http : //id.wikipedia.org,wiki, panen ). Panen bagi petani adalah sesuatu yang ditunggu dan diharapkan setelah menanam, merawat akhirnya menuai hasil. Mengingat pekerjaan manusia sekarang tidak semua bergerak dalam bidang pertanian maka kata panen ( hasil ) dapat dimaksudkan juga kepada hasil pekerjaan : gaji, keuntungan dagang, keuntungan usaha, dll.
Pendalaman Nats
Dalam kitab ulangan 16 : 1-16 ada tiga hari raya utama yang diperingati yaitu : hari raya paskah, hari raya pesta panen, hari raya pondok daun. Dalam keluaran 34 :22 dikatakan pesta panen dipestakan saat memulai panen yang pertama. Pada waktu orang mulai menyabit gandum yang belum dituai, haruslah engkau mulai menghitung tujuh minggu itu. ( Ul.16 : 9b ). Pesta panen dilakukan sebagai persembahan sukarela yang diberikan sesuai dengan berkat yang diberikan Tuhan ( ul.16:10 ). Memberi dengan kerelaan bukan karena terpaksa. Memberi karena telah lebih dulu mendapat. Sehingga dalam pelaksanaanya pesta panen mendatangkan “ sukaria “ bagi seluruh keluarga ( engkau, anak laki-laki, anak perempuan ) termasuk juga orang yang tinggal dalam rumah yaitu hamba laki-laki, hamba perempuan, juga bagi orang lewi yang ada ditempatnya berada, orang asing, anak yatim dan janda.
Pesta panen dilakukan untuk mengingatkan bangsa Israel dulu pernah menjadi budak di Mesir. Sebagai budak tentunya bukan hal yang menyenangkan, karena terikat dalam ketidak bebasan. Namun setelah bangsa Israel bebas dari perbudakan Mesir dapat bebas mengerjakan lahannya dan menghasilkan disyukuri sebagai pemberian yang datangnya dari Tuhan. Jika dalam perbudakan di mesir bangsa ini hidup dari pertolongan orang, maka ketika mereka bebas dan pekerjaannya diberkati Tuhan menghasilkan, merekapun digerakkan mau berbagi dan memberi bagi orang lain. Sehingga dalam pesta panen terkandung makna : bersyukur atas berkat yang di beri Tuhan, berkat tersebut dirasakan membawa sukacita, dan mau menjadi berkat dengan berbagi dan memberi kepada orang lain .
Ketetapan Pesta panen harus dilakukan dengan setia ( ul.16 :12 ). Artinya terus dilakukan dalam kehidupan bangsa Israel. Dalam Imamat 23 : 9 - 11, dikatakan : “ Tuhan berfirman kepada Musa : berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka : Apabila kamu sampai ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, dan kamu menuai hasilnya, maka kamu harus membawa seberkas hasil pertama dari penuaianmu kepada imam. Dan imam itu haruslah mengunjukkan berkas itu dihadapan Tuhan, supaya Tuhan berkenan akan kamu. Imam harus mengunjukkannya pada hari sesudah sabat itu. “
Aplikasi
Pesta panen di laksanakan ditengah-tengah perjalanan gereja. Dalam konteks sekarang mengarah kepada pemahaman dan aktualisasi iman, Tuhan telah memberi hasil atas tuaian. Dari hasil tuaian umat datang memuliakan Tuhan dengan memberi persembahan pesta panen. Sesuai dengan agenda Almanak GBKP pelaksanaan persembahan pesta panen dilaksanakan pada Minggu 17 Juni 2018, untuk itu setiap umat marilah bawa persembahan hasil tuaian kita. Bangsa Israel membawa bentuk-bentuk dari hasil tuaian berupa : seekor domba, dua sepersepuluh efa tepung yang terbaik, dua buah roti yang dibuat dari dua persepuluh efa tepung terbaik, tujuh ekor domba berumur setahun, seekor lembu jantan, dua ekor domba jantan, seekor kambing jantan…. ( Im.23 : 12- 19 ). Begitu banyak yang mereka persembahkan karena mereka menyadari sudah menerima banyak dari Tuhan. Pada minggu ini, saat kita memuliakan Tuhan dalam pesta panen ini, berikanlah yang banyak dan yang terbaik bagi Tuhan, karena Tuhan telah banyak memberkati hidup kita. Pesta panen mendatangkan sukacita, pesta panen berbagi dan menjadi berkatlah…. Amin
Pdt. Karvintaria br Ginting, STh, MM
GBKP Rg. Klender-klasis Jakarta Kalimantan
Minggu 27 Mei 2018, Khotbah Yohanes 3:1-8
Invocatio :
“Ndarat kenca Yesus ibas lau nari, rempet idahNa langit talang, janah kesah si Badia nusur ku baboNa bagi Nderapati” (Markus 1:10).
Ogen :
Yehezkiel 36: 25-28
Tema :
kerina kam arus tubuh peduakaliken
1. Kata perlebe
Melala kita ngataken maka adi enggo ikut kugereja, ikut perpulungen jabu-jabu reh ka ku PA kategorial nggo pasti bengket kubas kerajaan Dibata. Memang adi bagi silakoken ibas geluhta terlihat enggo mehuli tetapi apakah hal enda enggo sada kebenaren si pasti ? akap kami e perlu irenungken kembali. Sada sisimungkin enggo mehuli tapi ibas sisi sideban e perlu kembali sirenungken. Gelah ula kita terjebak kubas kesombongan rohani ? si perlu terus siperhatiken eme pusuh ukurta enda ipelimbarui Dibata. Uga kin maksudna pusuh ukur siipelimbarui Dibata ?
2. Isi
Prikopta eme percakapen Nikodemus ras Yesus. Nikodemus eme sekalak pemimpin agama kalak Yahudi ras ia kalak parisi bahken ia I juluki pengajar Israel ( ay 10). Ibas sada berngi, Ia reh ndahi Yesus alu nungkun nina : “O guru, ieteh kami maka Kam me guru si isuruh Dibata. Sabab ise pe labo ngasup erbahan tanda-tanda sengget bagi siibahanNdu, adi la kin Dibata ras ia”. Nikodemus reh man Yesus ibas berngi, mungkin enda ilakokenna gelah ula ieteh jelma sienterem. Tapi ibas sisi sideban teridah maka Nikodemus secara terbuka reh man Yesus amin pe Yesus ianggapna sebagai “guru”. Bagi Nikodemus tanda-tanda sengget sini bahan Yesus e ncidahken maka Yesus e lebihen asang Yohanes. Ras tanda-tanda Mujizat sibahan Yesus e mungkin sebagai tanda kerajaan Dibata secara politik. Tapi Yesus njababsa alu mereken pengertin simbaru man NIkodemus tentang kerajaan Dibata. Nina Yesus “ise pe labo ngejapken Dibata rajana adi labo ia tubuh pedua kaliken”. Megi perkataan Yesus Niodemus balik nungkun “banci kin kalak mbelin tubuh pedua kaliken ?”. ijenda teridah konsep kerajaan Dibata ibas pimikiren Nikodemus ras kerajaan Dibata simaksud Yesus berbeda. Nikodemus sebagai pemimpin agama Yahudi masih terikat akan pemikiren kalak Yahudi yang mengklaim dirinya sudah masuk kerajaan Allah erkiteken ia ilahirken sebagai kalak Yahudi. Emaka guna njabab Nikodemus ibas ay 5-8 Yesus ngataken maka sibanci bengket kubas kerajaan Dibata eme kalak situbuh ibas lau ras dingen kesah Dibata. Ras ikataken Yesus maka manusia tubuh ibas orang tua nari tubuh secara daging tapi ibas kesah ia tubuh secara pertendin. Alu e ngatakenca maka Nikodemus (kerina kalak) si atena bengket kubas kerajaan Allah harus dilahirkan kembali secara pertendin. Yesus negaskenca maka kalak sibengket kubas kerajaan Dibata labo cukup erkiteken ia kesusuren kalak Jahudi tapi pe harus iubah secara pertendin. Iterusken Yesus njelaskenca alu ngataken angin rembus ku atena, janah ibegindu sorana, tapi la ietehndu ija nari rehna janah entah kuja perlawesna. Bagepe kalak situbuh ibas kesah Dibata. Ertina Yesus mau menjelasken maka kalak situbuh secara pertindin e susah akap manusia ngantusisa tapi ibas Dibata e labo hal simetahat. Dibata ngasup mengubah manusia secara pertendinna.
3. Pengkenaina
Nikodemus selaku guru pengajar ras pemimpin agama reh ndahi Yesus. Sebab lit ketedehenna guna ngangkai kai siibegina ras siidahna ibahan Yesus. Adi senen kerna kubas kegeluhenta uga nge ketedehen ukurta guna banci ngangkai kerna pengajaren-pengajaren Yesus. Lit dengan nge waktuta guna mpelajarisa ras ngerenungkenca ? Nikodemus memang tujuanna guna ngangkai kai sibegina ras iidahna tapi justru kenca ia jumpa ras Yesus ia mendapatkan pemahaman yang baru silabo terpikirkenca sebelumna. Jadi kit ape ibas perjumpanta secara pribadi ras Tuhan akan memberikan pemahaman simbaru ibas geluhta.
Sini jadi percakapen Jesus ras Nikodemus tentang kerajaan Dibata, tapi Yesus lebih menekanken kerna tubuh peduakaliken. Sebab ise pe labo banci bengket ku bas kerajaan Dibata adi latubuh peduakaliken. Sinimaksud kerna tubuh peduakaliken eme pembaharuan pertendin oleh Roh Tuhan. Kita ibersihen, imurniken ibas kerina kejahaten-kejahatenta sienggo mencemari dirinta. Kita mereken dirint guna ibersihken Tuhan alu KesahNa. Janah banci saja e ilambangken alu babtisen. saja babtisen simaksud ijenda labo asal nggo iperidiken tapi peridin siniikuti alu pertobaten entah kelahiran baru sinidahiken Kesah Sibadia. Janah mereken pusuhna guna tetap ikuasai Kesah si Badia. Janah enda me sini kataken ibas ogenta Esekiel 36:25-28 gelah pusuhta ipelimbarui Dibata. Gelah alu pusuh si enggo ipelimbarui Dibata ciga ateta nandangi dosa janah ngena ateta undang-undang Dibata. kita semakin bijaksana ibas rukur ras bertidak erkiteken pembaharuan Roh Tuhan ibas geluhta.
Pdt. Kristaloni Br Sinulingga, S.Th
GBKP Yogyakarta
Minggu 20 Mei 2018, Khotbah Kisah Para Rasul 10:44-48
Invocatio :
“Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." Yohanes 4: 24
Bacaan :
Yesaya 40: 12-14 (Antiphonal)
Tema :
“Roh Kudus Dicurahkan bagi Orang yang Mendengarkan Firman Tuhan”
Pengantar
Peristiwa turunnya Roh Kudus atas para murid Yesus (Kis 2) kita sebut Pentakosta. Pentakosta artinya ke-limapuluh. Suatu tradisi orang Yahudi yang merayakan peringatan 50 hari bangsa Israel keluar dari Mesir. Ketika perayaan Pentakosta bagi orang Yahudi berlangsung, turunlah Roh Kudus atas para murid yang memampukan mereka berkata-kata dalam bahasa lain. Karena itu bagi orang Kristen, kita memperingati Pentakosta sebagai hari turunnya Roh Kudus. Roh yang dijanjikan Tuhan Yesus sebelum IA terangkat ke sorga (Kis 1: 8). Roh Kudus menolong dan menguatkan para murid Yesus untuk bersaksi dengan berani ke berbagai tempat.
Penjelasan Bahan
Kis 10: 44-48 adalah bagian dari perjumpaan Petrus dan Kornelius dalam satu peristiwa yang diatur oleh Tuhan. Petrus, rasul yang telah menerima Roh Kudus, telah bersaksi tentang Yesus. Dengan kuasa Roh ia berkhotbah, menyembuhkan orang lumpuh di pintu gerbang Bait Allah, membangkitkan Tabita, namun sepanjang hidupnya masih dipenuhi dengan segala peraturan orang Yahudi. IA mematuhi segala aturan, mulai dari makanan yang najis sampai orang-orang non-Yahudi yang dianggap belum tahir. Ia belum pernah makan makanan yang haram dan masuk ke rumah orang non-Yahudi. Sampai suatu hari Tuhan datang dalam penglihatan dan mengajarkannya suatu hal baru.
Kornelius, seorang Perwira Italia yang percaya pada Tuhan, saleh, seisi rumahnya menyembah Allah, tekun berdoa, dan ia sangat dermawan pada orang Yahudi yang berkekurangan. Kornelius percaya pada Tuhan tapi ia bukan orang Yahudi. Padanya datang penglihatan, malaikat Tuhan menyuruh Kornelius mengundang Petrus untuk datang ke rumahnya. Kornelius patuh dan mengirim orang untuk mengundang Petrus.
Petrus, yang belum pernah masuk rumah orang bukan Yahudi yang selama yang ia tahu adalah najis, memenuhi undangan Kornelius karena penglihatan tentang makanan yang najis menurut hukum Yahudi. Dalam penglihatan itu ia mendengar Tuhan berkata “Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram” (10: 15). Saat Petrus merenungkan apa maksud penglihatan itu, orang utusan Kornelius telah tiba di rumah Simon, tempat Petrus menumpang tinggal. Dua orang dari latar belakang berbeda ini dipertemukan Tuhan untuk rencana yang mulia. Bahwa firman Tuhan dan berita keselamatan telah sampai pada segala bangsa. Roh Kudus tercurah bagi orang yang menerima sabda Tuhan (teks: yang mendengar pemberitaan itu).
Kornelius bersyukur. Petrus belajar. Kornelius perwakilan orang non-Yahudi yang telah menerima berita keselamatan dalam Yesus Kristus dan ke atasnya turun Roh Kudus. Petrus perwakilan orang-orang Yahudi (teks: orang-orang bersunat) yang terbuka pikirannya, untuk tidak lagi membangun tembok pemisah dan pengkotak-kotakan berdasarkan suku.
Kata Petrus: “Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.” (10: 34)
“Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?” (10: 47)
Statement Petrus juga senada dengan Yesaya 40: 12-14, yang menyiratkan bahwa tidak ada yang lebih berkuasa dari Tuhan, tidak ada yang bisa mengatur Roh Tuhan.
Pada peristiwa ini, batas-batas etnis telah dilampaui. Anugerah keselamatan datang pada segala bangsa yang menerima Yesus sebagai Juruselamatnya. Roh Kudus turun atas segala bangsa yang mau mendengarkan firman Allah.
Aplikasi
1. Roh Kudus dicurahkan ke atas orang-orang yang mendengarkan firman Tuhan
Pekerjaan Roh Kudus tidak terbatas oleh apapun. Manusialah yang senang membuat pengkotak-kotakan. Padahal jelas sekali bahwa tidak ada yang bisa mengatur Roh Kudus untuk turun hanya bagi orang Yahudi saja, atau gereja A saja. Tidak pantas manusia mengatakan, di gereja A tidak ada Roh Kudus, di gereja B ada Roh Kudus. Siapapun kita, bahasa apapun yang kita gunakan, apapun warna kulit dan kebangsaan kita, tidak membatasi pekerjaan Roh Kudus. Saat firman Tuhan diberitakan, Roh Kudus memberi pengertian. Begitu pula saat kita membaca Alkitab secara pribadi maupun bersama-sama. Konfesi GBKP tentang Alkitab poin pertama: Alkitab adalah Firman Allah yang ditulis manusia dengan ilham Roh Kudus. Jika dalam penulisannya Roh Kudus mengilhami, maka dalam pembacaan pun Roh Kudus yang akan memberi pengertian. Sehingga pesannya ‘klop’. Orang tidak akan salah pengertian selama Roh Kudus yang membimbing. Itulah sebabnya setiap akan membaca Alkitab dan berkhotbah, selalu diawali dan diakhiri dengan doa mohon bimbingan Roh Kudus.
2. Orang yang menerima Roh Kudus akan terus haus akan firman Tuhan
Seperti Kornelius dan orang-orang yang bersamanya, meminta Petrus untuk tinggal lebih lama dengan mereka. Seorang Rasul, yang datang untuk memberitakan kabar keselamatan, tentu akan bersaksi lebih banyak lagi tentang Yesus Kristus jika diberi waktu lebih panjang. Tinggal lebih lama berarti pemberitaan yang lebih banyak. Pemberitaan lebih banyak berarti khotbah lebih panjang. Itulah kerinduan Kornelius dan teman-temannya. Rindu akan kebenaran firman Tuhan lebih lagi. Maka pertanyaan bagi pendengar firman masa kini, apakah pengkhotbah kurang menarik dan terlalu panjang ataukah kita yang belum mengandalkan kuasa Roh Kudus? Apakah membaca Alkitab dengan tulisan kecil dan rapat membuat mata mengantuk, atau justru kita yang belum menerima Roh Kudus? Jika kita sudah dipenuhi Roh Kudus, maka hati kita akan terus ingin diisi oleh firman Tuhan. Roh Kudus membuat kita rindu mendengarkan Tuhan.
3. Roh Kudus tercurah bagi orang-orang percaya. IA menolong, membimbing, dan meneguhkan kita untuk hidup kudus seperti yang Tuhan kehendaki. Hadir-tidaknya Roh Kudus dalam perbuatan kita sehari-hari juga dapat dilihat dari buah hidup kita. Apakah hidup kita menghasilkan buah sebagaimana Galatia 5: 22-23 menyebutkan Buah Roh? Apakah kita memiliki: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri? Mari kita periksa diri masing-masing. Selamat Hari Turunnya Roh Kudus.
Pdt. Yohana Samuelin M. Ginting, S. Si. Theol
GBKP Perp. Samarinda