Minggu 20 Oktober 2019, Khotbah Roma 16:1-5a

Invocatio :

Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia (Amsal 31:28)

Bacaan :

Rut 2:1-3

Thema :

Membantu Dari Pekerjaan

 

I. Pendahuluan
Membantu adalah salah satu perbuatan yang diberikan kepada orang lain untun mengurangi beban orang itu. Kesulitan dan kelemahan adalah bagian kehidupan manusia, sebab dalam satu hari bisa beberapa kali seseorang itu terkena masalah dan memerlukan pertolongan dari orang lain. Berdasarkan itu semua manusia harus bisa jadi penolong, di mana pun dan kapan pun berdasarkan pemberian Tuhan yang ada pada dirinya. Jadi, menolong adalah salah satu jati diri, ciri khas orang percaya.

II. Isi
Bahan invocatio kita mengatakan, “anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia” (ay. 28a). Kata kerja Ibrani yang dipergunakan untuk kata “bangun” juga dipergunakan dalam Yeremia 1:17; 1 Tawarikh 28:2; 2 Tawarikh 30:27. Anak-anaknya bangun, berdiri dengan sikap penuh hormat untuk memuji ibunya, mereka menyebutnya orang yang berbahagia karena mendapat berkat dari Tuhan. Sikap bangun atau berdiri yang dikemukakan dalam ayat ini biasanya dilakukan dalam rangka membuat suatu pernyataan penting (Mi. 6:1; Yer. 1:17; 1 Taw. 28:2; 2 Taw. 300:27). Arti harfiah dari kata-kata Ibrani untuk “menyebutnya berbahagia” adalah “menyebutnya orang yang diberkati”. Dia adalah orang yang diberkati Tuhan dalam pekerjaannya mendukung kebutuhan keluarga, dalam mendukung tugas suaminya, dalam pelayanannya kepada orang-orang miskin dan tertindas, dan khususnya dalam mendidik anak-anaknya. “... pula suaminya memuji dia” (ay. 28b) Istilah Ibrani yang dipergunakan untuk “memuji” yang biasa dipergunakan untuk menaikkan pujian kepada Tuhan. Pujian itu disampaikan dengan sungguh-sungguh seperti menyampaikan “pujaan”, tetapi bukan untuk menyembahnya, melainkan untuk menyampaikan rasa bangga dan kagum yang mendalam. Pujiannya disampaikan dalam Amsal 31:29, dia menilai istrinya yang cakap lebih daripada semua perempuan yang lain, termasuk yang lebih muda dari dirinya.

Bahan bacaan Rut 2:1-3 menceritaken tentang anugerah Allah dalam bentuk pemeliharaanNya dinyatakan dalam pasal 2 ini. Setidaknya untuk bertahan dan melanjutkan hidup Naomi dan Rut, Allah bekerja melalui 2 cara pemeliharaanNya, yaitu yang tidak terlihat maupun yang terlihat langsung. Disinilah letak keunikan Kitab Rut; dalam kitab ini Allah seakan-akan diam tak bekerja dengan cara yang ajaib mencarikan jalan keluar buat Naomi dan Rut. Allah tidak memberikan keajaiban seperti yang dilakukan kepada janda sarfat ataupun manna kepada orang Israel di padang gurun. Dengan cara yang tak terlihat Allah membawa Rut menjadi sarana bagi dirinya sendiri maupun Naomi, mertuanya untuk melanjutkan hidup mereka. Mungkin Naomi dan Rut tidak melihat bahwa waktu kedatangan mereka, hukum gleaning serta lokasi tempat Rut mencari bulir jelai, semuanya itu merupakan cara Allah memelihara mereka. Masuknya Naomi dan Rut ke Betlehem bersamaan dengan dimulainya panen jelai seakan menyiratkan harapan baru bahwa setidaknya mereka tidak akan menderita kelaparan lagi. Namun harapan itu akan menjadi sebuah keraguan mengingat Naomi dan Rut tidak memiliki ladang ataupun mata pencaharian yang akan pasti. Bersyukurlah, Allah telah lebih dahulu memberlakukan hukum gleaning pada orang Israel. Hukum gleaning adalah hukum yang mewajibkan para tuan tanah untuk tidak memetik hasil panen dan memberikan hak kepada orang miskin, janda, dan orang asing untuk memungut ceceran hasil panen yang entah tersisa/terjatuh (Im. 19:9-10; 23:22; Ul. 24:19-21). Dasar pemikiran Allah memberikan hukum ini adalah bahwa Allahlah pemilik tanah, bukan tuan tanah (Im. 25:23). Manusia (dalam hal ini tuan tanah) adalah penatalayan dari tanah yang dimiliki Allah dan predikat ini hanya berlaku selama manusia respek pada hukum Allah. Orang kaya memiliki tanggung jawab moral terhadap orang miskin.

Dalam usahanya melanjutkan hidup bagi dirinya sendiri serta Naomi, mertuanya, Rut mencari ladang tempat dia dapat memungut bulir jelai yang jatuh. Alkitab memakai satu kata yang menarik, “kebetulan” (miqreh) ketika Rut masuk ke salah satu ladang yang ternyata milik Boas. Kata ini mencakup tindakan atau peristiwa yang terjadi tanpa diketahui dan disengaja oleh orang yang terlibat di dalamnya. Dengan kata lain masuknya Rut ke sebuah ladang yang tidak diketahuinya merupakan sebuah skenario tersembunyi dari Allah yang mengatur semuanya. “Kebetulan” tersebut mencakup masuknya Rut ke ladang milik Boas yang ternyata (tidak diketahui oleh Rut) adalah kerabat (saudara jauh) Elimelekh, mertua laki-lakinya. Boas digambarkan sebagai orang yang kaya raya atau bisa dikatakan Boas adalah orang yang sangat berpengaruh di Betlehem. Apa maksud kata “kebetulan” dipakai di sini? Dalam 1 Samuel 6:9 kata “kebetulan” dipakai untuk menunjukkan sesuatu yang terjadi di luar rencana. Tetapi tidak demikian halnya dalam Kitab Rut. Semua yang terjadi atas Rut bukanlah sesuatu yang datang tanpa disangka. Allah telah mengatur semuanya. Dia sudah membawa Rut dari Moab ke Betlehem. Dia jugalah yang sekarang bertindak untuk menyelesaikan rencanaNya dengan wanita Moab ini. Dalam mata manusia, Rut “kebetulan” datang ke ladang Boas. Tetapi kita harus membaca ayat itu demikian: “Allah betul-betul membawa dia ke tempat di mana ia menjumpai Boas yang kelak menjadi penebusnya”.

Roma 16:1-5a yang menjadi bahan khotbah kita merupakan pasal terakhir dari surat Roma. Pasal ini dibagi menjadi tiga perikop oleh LAI, yaitu: salam, peringatan dan segala kemuliaan bagi Allah. Tiga perikop ini mungkin bisa diklasifikasikan sebagai: salam kepada saudara seiman dan sepelayanan dan ini yang menjadi penekanan dalam bahan khotbah kita (16:1-16, 21-24), peringatan akan bahaya perpecahan (16:17-20), dan salam terakhir Paulus (melalui Tertius) yang berisi penyingkapan kemuliaan Allah (16:25-27). Perikop pertama yang menjadi penekanan bahan khotbah kita adalah tentang salam kepada saudara seiman/sepelayanan itu disebutkan dan diberi salam bertujuan agar jemaat di Roma mengetahui siapa yang paling dihargai dan juga kepada siapa mereka harus mengikuti. Menarik sekali tafsiran ini. Dengan kata lain, melalui penyebutan nama-nama di dalam salamnya, Paulus ingin agar jemaat Roma mengenal orang-orang yang disebutkan dan mengikuti mereka. Di beberapa gereja Paulus memerintahkan perempuan untuk tidak mengambil peran kepemimpinan, mungkin karena menyebabkan masalah di sana. Febe adalah bukti bahwa ini bukan merupakan kebijakan universal. Paulus mengenal Febe sebagai diaken di gereja di Kenkrea, dekat Korintus. Itu adalah gelar lain yang digunakan Paulus untuk merujuk kepada pemimpin atas gereja. Paulus pernah memberikan Timotius nasihat ini: “Mereka juga harus diuji dahulu, baru ditetapkan dalam pelayanan itu setelah ternyata mereka tak bercacat” (1 Tim. 3:10). Paulus menyebut Febe sebagai saudara. “Saudara” ini bukan saudara secara jasmaniah, namun secara rohaniah. Lalu, apa pentingnya kata “saudara” ini? Pentingnya adalah Paulus menyebut Febe, seorang perempuan sebagai saudara seiman. Di dalam tradisi Yahudi, ada pemisahan antara pria dan wanita, bahkan di dalam ibadah. Paulus menerobos budaya Yahudi dengan pengertian integratif bahwa pria dan wanita itu sama di mata Tuhan dan di dalam persekutuan di dalam Kristus, meskipun masih ada perbedaan natur dan otoritas di antara keduanya. Paulus bukan mengingatkan jemaat Roma untuk memperhatikan orang-orang yang melayani di Roma, tetapi justru orang yang melayani di luar Roma, yaitu di daerah Korintus. Ini adalah suatu teladan bagi kita. Kita sering kali hanya memperhatikan para pelayan Tuhan di tempat kita berada, namun tidak memperhatikan para pelayan Tuhan di tempat lain atau bahkan di pelosok-pelosok daerah. Bukan hanya menganggap Febe sebagai saudara seiman dan pelayan Tuhan, Paulus mengingatkan jemaat Roma untuk menyambutnya dan memberikan bantuan kepadanya. Di ayat 2, ia berkata, “supaya kamu menyambut dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan berikanlah kepadanya bantuan bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri”. Dari ayat ini, kita belajar dua point penting: pertama, menyambut saudara seiman di dalam Tuhan. Paulus mengingatkan jemaat Roma untuk menyambut Febe sebagai saudara seiman di dalam Tuhan, seperti seharusnya bagi orang-orang kudus. Berarti, seorang diaken bisa diidentikkan dengan orang kudus pada zaman itu, karena yang bisa menjadi diaken haruslah orang yang memelihara kekudusan. Dengan menerima dan menyambut saudara seiman di dalam Kristus, kita sedang membangun sebuah persekutuan yang indah di dalam Kristus yang mengakibatkan orang-orang di luar Kristen akan merasakan cinta kasih Kristus. Kedua, membantu saudara seiman jika diperlukan. Menyambut saudara seiman di dalam Tuhan bukan hanya ditandai dengan ucapan di mulut bibir kita saja, tetapi juga melalui perbuatan kita. Perbuatan itu ditandai dengan kerelaan kita membantu saudara seiman kita jika diperlukan.

Dalam dunia yang didominasi laki-laki, Priskila rupanya seorang perempuan yang menonjol, dibuktikan oleh fakta bahwa hampir tiap kali dia dan suaminya, Akwila , disebutkan di dalam Alkitab, namanya disebutkan lebih dulu. Mungkin karena ia memimpin pelayanan, sementara suaminya memimpin bisnis keluarga, yaitu membuat kemah. Rasul Paulus juga dilatih sebagai pembuat kemah, tinggal dan bekerja bersama pasangan ini saat dia mendirikan gereja di Korintus, Yunani. Paulus menyebut Priskila dan Akwila, sepasang suami-istri sebagai teladan pelayanan khususnya di dalam keluarga. Di sini kita bisa melihat apa yang Tuhan inginkan bagi keluarga dalam pelayanan. Priskila dan Akwila adalah pasangan suami-istri yang berpindah-pindah. Kehidupan yang berpindah-pindah ini adalah suatu yang tidak gampang. Tetapi di manapun mereka berada mereka mendirikan gereja, di manapun mereka berada, mereka mengumpulkan jemaat di rumah mereka. Kemungkinan besar mereka bukan full-time missionary, tetapi di dalam seluruh pekerjaan mereka, mereka mengutamakan dan melakukannya di dalam Kristus. Paulus mengatakan kalimat terakhir yang begitu indah tentang Priskila dan Akwila: mereka adalah orang-orang yang mempertaruhkan nyawanya bagi pekerjaan Tuhan (ay. 4) “Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat”. Di dalam bahasa aslinya mereka adalah orang-orang yang meletakkan leher mereka di atas batu. Kalau Febe melayani dengan segala apa yang dia miliki, dan membantu Paulus, membawa surat Paulus kepada jemaat di Roma; Priskila dan Akwila melakukan bahkan lebih dari itu, mereka menyerahkan leher mereka bagi Paulus. Bukan satu gereja, tetapi banyak gereja yang melihat Priskila dan Akwila mempertaruhkan nyawa mereka untuk Injil boleh diberitakan.

III. Refleksi
Kejadian 2:18 mengatakan: TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu ”seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia”. Kata “menjadikan penolong baginya” diberikan kepada perempuan, artinya Allah memberikan kepada perempuan kekuatan yang lebih dalam bekerja, memikirkan yang baik, mempergunakan yang ada pada dirinya, untuk membawa predikatnya sebagai penolong. Tahun ini Moria GBKP sudah berumur 71 tahun, berdasarkan thema khotbah kita “Membantu Dari Pekerjaan”, tentu tidak ada lagi kekhawatiran keluarga, jemaat dan masyarakat terhadap Moria GBKP, sebab Moria sudah jadi penolong. Artinya Moria sudah mempergunakan hidupnya seperti kodratnya dia diciptakan sebagai penolong. Dalam setiap sendi-sendi kehidupan ada kemampuan untuk memberikan pertolongan. Dilahirkan satu prinsip bahwa bekerja bukan hanya mencukupkan keperluan pribadi, keluarga saja tetapi juga hasil bekerja itu satu bagian disiapkan membantu orang lain; kekuatan yang Allah berikan bukan untuk kesenangan dan kepentingan pribadi dan keluarga saja tapi juga untuk orang di sekitarnya yang memerlukan bantuannya. Jadikanlah menolong, bekerja sebagai sukacita dalam hidup. Menolong dan bekerja jadi karakter hidup, kalau tidak menolong, tidak bekerja ada saja hal yang kurang dalam diri ini. Dalam kehidupan seorang ibu (Moria) yang seperti ini tentu menjadi sukacita di dalam keluarganya, anak-anaknya bersyukur kepadanya dan suaminya pun memuji-muji dia. Sebab dalam kehidupan seorang ibu yang bekerja dengan rajin, apapun yang dikerjakannya pasti hasilnya juga baik, ibu yang mau membantu dengan sukacita jadi kebanggaan terhadap keluarganya, karena berkat Tuhan yang melimpah dia terima yang bisa dirasakan anak-anak dan suaminya. Selamat HUT Moria GBKP 71 tahun.


Pdt. Andreas Pranata Meliala, S.Th
GBKP Rg. Cibinong

 

Info Kontak

GBKP Klasis Bekasi - Denpasar
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate

GBKP-KBD