KAMIS 26 MEI 2022, KISAH PARA RASUL 1:6-11

Invocatio :

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. (Mrk. 16:15)

Ogen :

Masmur 68:8-19 (Responsoria)

Tema :

Bersaksi sampai ke ujung Bumi

 

1. GBKP (Kekristenan) itu sangat kaya. Kita memiliki natal dimana Yesus lahir dari anak dara Maria. Kita memiliki Jumat agung dimana Kristus mati di kayu salib dan salib menjadi lambang kekristenan saat ini. Kita juga memiliki paskah, yakni kebangkitan Kristus. Kristus yang bangkit dari kematian pada hari yang ke tiga, Kita juga memiliki Kenaikan Tuhan Yesus Ke Surga, dan kita juga memiliki Pentakosta, turunnya Roh Kudus yang menghinggapi para murid. Bahan ini bercerita tentang Yesus Yang naik ke Sorga, Kenaikan Kristus berarti bahwa penebusan sudah selesai dan sekarang Kristus menjadi imam besar kita di sorga.

2. Selama 40 hari setelah Paskah, Yesus banyak mengajarkan kepada muridNya tentang hal-hal yang berkaitan dengan Kerajaan Allah Kis. 1:2-3 dan di ayat 4 di katakan Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka,….. dst, dalam kebersamaan acara makan ini ada dua hal yang perlu kita perhatikan yaitu:

  1. Pertanyaan yang di ajukan di ayat 6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"
  2. hal yang terjadi di ayat 10 dan 11 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

ada dua hal pengajaran yang kita dapat renungkan dari kata Memulihkan dan Melihat/menatap ke langit:

Pertama, agar kita jangan hidup ‘terlalu  duniawi, sehingga kita hanya memikirkan kerajaan duniawi, yaitu pemulihan ‘kerajaan-kerajaan’ kita. Terus berpikir dan bertanya tentang pekerjaan kita, business kita, sehingga kita lupa akan Kerajaan Allah.

 Kedua, agar kita jangan hidup terlalu sorgawi dengan terus menerus melihat.menatap ke langit. Terus menerus beribadah, dari satu tempat ibadah ke tempat ibadah yang lain; rajin dan giat melayani dan gereja, tetapi kita melupakan tugas kita untuk bersaksi bagi dunia.

3. Respon Tuhan Yesus akan pertanyaan yang diajukan di ayat 7 dan 8 Jawab-Nya: "Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Respon ini merupakan suatu ajakan untuk yakin dan berserah kepada Kuasa Allah, dan pemberian Roh Kudus yang memberikan keberanian untuk bersaksi mengabarkan kabar baik dan suka cita.

Dari hal tersebut di atas, maka panggilan kita adalah untuk menjadi saksi dan bukan menjadi pengamat langit atau  menjadi pengamat bintang. (Setiap kali saudara menatap ke langit, ingatlah Yesus akan datang kembali. Setiap kali saudara menatap ke langit ingatlah bahwa saudara mesti sedang terjaga, bekerja, bersemangat, waspada . Setiap kali saudara menatap ke langit ingatlah untuk selalu siap sedia).

Visi kita bukanlah untuk bernostalgia dengan apa yang dilihat, tetapi harus memiiki hati yang penuh belas kasihan kepada dunia yang terhilang. D.L. Moody (1837-1899) mengatakan “Saya memandang dunia ini seperti sebuah kapal karam. Tuhan memberi saya sekoci penolong dan berkata kepada saya, “Moody, selamatkan semua yang kamu bisa.”

Hal bersaksi adalah suatu perintah dan kewajiban  orang percaya dan harus menjadikan gaya hidup di manapun berada. Seorang saksi  adalah  seorang yang bersaksi melalui tindakan, ucapan bagi kebenaran. Menjadi Saksi   Kristus seseorang  harus bisa  menegaskan tentang karya penyelamatan Yesus di dalam dirinya. Kesaksian tidak  harus dramatis , tetapi ada perubahan, hal yang berubah di dalam diri. Menjadi Saksi bukan  dengan perkataan semata-mata , tapi melalui kehidupan sehari-hari kita. Kita dapat mengalami Kristus lebih dulu , sehingga kita dapat memperkatakan kristus bagi orang lain. Hasilnya Kristus dikenal, dikasihi, dipuji dan dijadikan  Tuhan atas umat pilihan.

“Kristen” (Christian) berarti merujuk kepada kelompok orang milik Kristus. “Setiap hati yang ada Kristus adalah seorang misionari; setiap hati yang tanpa Kristus adalah sebuah ladang misi.” Dietrich Bonhoeffer : Gereja dikatakan sebagai gereja ketika ia hadir bagi sesamanya. Gereja ada bukan untuk dirinya sendiri, tetapi membawa Kristus menjumpai dunia.

4. Ilustrasi

Alkisah ada dua orang sahabat karib. Mereka berdua berasal dari agama yang berbeda namun dapat menjadi sahabat. Salah seorang temannya beragama Kristen yang rajin pergi ke gereja, bahkan cukup sibuk mengikuti pelayanan di gereja. Sahabatnya yang bukan Kristen ini memiliki hobi Mancing. Ia sering menghabiskan waktunya untuk memancing ikan. Kerap kali ia mengajak sahabatnya yang Kristen ini untuk mancing, namun permintaannya selalu ditolak oleh sahabatnya ini karena mengaku memiliki cukup banyak kesibukan pelayanan di gereja. Tiap kali sahabatnya mengajak dia untuk memancing sahabatnya yang Kristen selalu menolak untuk bergabung.

Suatu kali, sahabat penyuka mancing ini datang mengajak sahabat Kristennya dengan membawa dua pancing. Ia mengajak sahabatnya itu untuk ikut mancing bersama dia. Namun seperti biasa sahabatnya menolak dengan alasan ada urusan gereja. lalu, sahabat ini berkata kepada sahabatnya, “Selain mancing tidak ada yang kusukai. Mancing adalah hobiku yang sangat ku gemari. Karena begitu senangnya dengan mancing, aku membelikanmu sebuah pancing dan mengajakmu untuk mancing bersama. Aku ingin kamu bisa merasakan begitu nikmatnya dan asiknya memancing itu.” Sahabatnya terdiam sejenak, lalu melanjutkan, “jika gereja itu adalah sesuatu yang sangat menyenangkan bagimu, kenapa kamu tidak pernah mengajakku untuk juga bisa merasakan betapa nikmatnya pergi ke gereja seperti nikmatnya memancing  yang rasanya ingin kubagikan kepadamu?”

Jika kita mengetahui betapa nikmat dan indahnya Tuhan, mengapa kita tidak mau membagikan itu kepada orang lain yang belum pernah merasakannya?

Selamat bersaksi!

 

Pdt. Maslan Sitepu - Runggun Bandung Barat

SABTU 16 APRIL 2022, KHOTBAH 1 PETRUS 4:1-8 (SABTU PENGHARAPAN)

Invocatio:

Pengarapenku man Dibata bali ras pengarapen kalak enda maka lit nge kekeken I bas simate nari, subuk kalak sibujur bagepe kalak silabujur (Perb.24:15)

Ogen   :

Job 14:1-14(Responsoria)

Tema   :

Nggeluh Bagi Si Ngena Ate Dibata

 

1. Kata Perlebe

La sigejap nggo ka kita seh kubas sabtu pengarapen, ija gereja I babai ngerenungken uga kerna keselamaten sienggo iban Jesus arah kematen-Na guna dosanta. Sabtu pengarapen (sabtu sunyi) e me kenca kita kebaktin Jumat simbelin, i ja gereja i babai lako tetap njagai ketenengen. I bas kebaktin sabtu pengarapen enda, gereja ngejapken ras sekaligus mengenang kesendirian Jesus i bas kuburen bagepe uga kita ibabai lako ngukuri keleng ate Jesus Kristus i kayu persilang. (Rasid Racman,Hari raya Liturgi,73).

Wari enda, kita selaku ngawan niperpulungen ras serayan uga muat bagin I bas kematen Jesus. Siertina maka kematen Jesus jadi kematenta i bas dosanta, ras kekeken-Na mereken kegeluhen simbaru man banta sijadi pengarapenta man ba-Na.

2. Pebagesi teks

  • Latarbelakang ras tujun surat 1 Petrus

- Surat sipemena arah dua surat siisuratken Petrus iakui Petrus isuratken I bas penampat Silas (Yun.Silvanus) selaku juru tulisna(bnd.1Petrus 5:12). Litpe tujun surat enda itujuken man kalak sireh tandang ras merap marpar ikerina wilayah Propinsi Asia kitik kekaisaren Romawi (1 Petrus1:1).

- kemungkinen iantara kalak sitandang e lit kalak sienggo jera ras sinanggapi kotbah petrus I bas wari pentakosta ras nggo mulih kukutana sekalak-sekalak alu kiniteken simbaru.(Perb.2:9-11).

-kalak sitek iikataken ijenda e me kalak pertandang atau kalak sireh(1 Petrus 2:11) lako ningetken maka perziarah kalak enda banci saja ndatken kiniseran ras penganiayaan bagi sinihadapi Jesus arah doni enda. Alu kesimpulen litpe tujun isuratken petrus suratna enda selaku tanggapen kerna laporen kalak sitek i Asia kitik kerna litna perlawanen I bas kalak Kristen(1 Petrus 4:12-16).

-petrus nuartken surat pengarapen sidem alu keriahen enda segelah kalak sitek man Jesus mereken bimbingen praktis man kalak singgo ndatken kiniseran simberat. Petrus mbiar adi kalak sitek mpekeke ke lasenagen pemerentah ras mereken nasehat man kalak Kristen gelah ngikut keteladanen Jesus Kristus I bas kiniseran.

  • Tafsiren

-Sope nats oratenta I bas 1 Petrus 4:1-8 enda, Petrus nuriken kerna kiniseran Kristus selaku teladan kalak sitek, genduari ijelaskenna mekai erti kiniseran I bas nggeluh erkiniteken selaku kalak sitek man Jesus. Adi nggo lit kalak sitek ngasup ngalaken kiniseran -secara kula erkiteken kebenaren, berarti kalak sibage ngasup nggalari erga alu tujun gelah badia. Alu kata sideban Petrus ngajuk kalak sitek lako erjuang I bas kebadian aminna pe arus ndatken kiniseran secara kula.( ayat2).

-Bagepe nina Petrus, man kalak si masuk kubas perkuah ate Kristus, kalak sibage arus nadingken dosana, kaipe siterjadi (ayat 3,4). Ibas ayat 5, Petrus nggo ningetken soal kalak singgeluh ras simate, kerina pasti i hakimi Tuhan. Ras I bas ayat 6, Petrus ningetken kerna kalak sitek (erkiteken kinitekenna) I hakimi ras iukum mate. Bali halna ras Kristus, kalak sitek banci I pemate kulana, tapi kesahna lang. lit pe sinimaksudken Petrus ijenda e me, penilaian terakhir kualitas nggeluh kalak sitek la banci iukur alu kula ntah pe doni enda, tapi arus lit prinsip kebenaren Tuhan I bas kata-Na. manusia banci munuh kula, tapi lalit sibanci muat kinitekenta ntahpe nirangken kita ras keleng ate Tuhan. Ayat 7-8, mabai kita uga kita engkuasai dirinta ras tetap erpengendes man Tuhan saja, tetap ertoto bagepe ncidahken kelenga ate sebab keleng ate namburi dosa.

-Ogenta Jop 14:1-14, nuriken uga kiniseran si mesangat siinanami Jop sierbanca turah perukurenna lako milih kematen I bas ndungisa, tapi keduangenna idatna me dalan e me tatap erpengarapen bas kiniseranna. Kiniteken Jop labo turah bage-bage saja tanpa litna proses erkiniteken man Tuhan. Pengarapenna mabai I mulihi tek man Dibata. Maka bas paksana pagi kekeken ras kemenangen jadi I bas kita. Bagepe I bas invocation, Paulus nuratken litna pengarapen kerna kekeken I bas simate nari subuk kalak sibujur bagepe kalak sila bujur, kerina nge pagi ipekekena lako I hakimi-Na.

3.Pengkenaina

  1. Rikutken kata Dibata enda, I babai kita lako nggeluh bagi singena ate-Na, aminnape genduari kita lit ibas situasi krisis, baik ekonominta, kesehatenta ras kiniseran erkiteken doni enda.
  2. paksa kita mate kerna doni enda, Jesus Kristus menyataken diri-Na I bas dirinta. Ertina “hanya setelah hidup lama kita mati, Kristus bangkit di dalam diri kita, orang disekitar anda hanya melihat tubuh jasmani kita, tetapi manusia batiniah kita akan menjadi pribadi yang sama sekali berbeda. ertina kalak siisekelewetta ngidah kesaksin kalak Kristen simaba dame ras kemalemen ate.
  3. sabtu pengarapen enda I babai kita salu tema: Nggelu Bagi Singena Ate Dibata, siertina uga kita tetap ngelumbaken kegeluhen singena ate Tuhan. Sebab la sia-sia pengarapenta kerna Kristus guna keselamatenta. Tetap erjuang I bas kinitekennta bali halna bagi kalak siikut lari marathon. Sipenting labo kubas uga menakennca tapi uga kita ndungisa. Selamat sabtu pengarapen.

                                                                                    Pdt.Walder Mazmur Ginting,M.Th - Rg. Karawang

JUMAT 14 APRIL 2022, KHOTBAH KORINTUS 11:23-24 (KAMIS SI BADIA)

Invocatio:

Yohanes 6:35

Ogen :

Keluaran 12:1-14

Tema :

Mperingeti Kiniseran Kristus (Memperingati Penderitaan Kristus)

 

Ibadah Kamis Si Badia ataupun Kamis suci merupakan kebaktian yang bertolak dari sejarah perjalanan kehidupan Yesus di dunia. Hari ini kita memperingati akan peristiwa-peristiwa yang dilalui Yesus sehari sebelum peristiwa salib berlangsung. Dapat kita ingat kembali dalam Alkitab tertulis apa saja yang terjadi dalam satu hari sebelum peristiwa penyaliban berlangsung. Salah satu peristiwa yang terjadi yakni perjamuan malam (hari raya roti tidak beragi) yang dilakukan Yesus dengan 12 murid-murid-Nya.

Peristiwa perjamuan malam Yesus dengan murid-muridnya kemudian diangkat menjadi sebuah tradisi peringatan kaum Kristiani yakni perjamuan kudus. Jika kita telusuri antara perjamuan malam paska yang dilakukan Yesus dan murid-murid-Nya dengan perayaan Paskah tradisi bangsa Israel memiliki benang merah yakni PENDERITAAN MENUJU PEMBEBASAN.

Pendalaman Teks

Keluaran 12:1-14

Teks ini memberikan penjelasan terkait janji pemeliharaan Allah kepada bangsa Israel. Bahwa Allah sungguh memelihara umat-Nya (keluarnya bangsa Israel dari perbudakan Mesir). Dalam teks ini ditetapkan terkait paskah dan perayaan roti tidak beragi.

Dalam tradisi Israel di Perjanjian lama, Keluaran 12:1-14 tertulis bagaimana perayaan paskah yang dilakukan bangsa Israel. Perayaan paskah dilakukan guna ungkapan syukur atas penyertaan Allah kepada bangsa Israel yang lepas, terbebas dari penderitaan/perbudakan di Mesir. Bangsa ini memberikan korban persembahan yakni anak Domba, darah domba yang merupakan lambang keselamatan dimana darahnya dibercakkan di pintu-pintu setiap bangsa Israel pada saat itu, agar mereka terlindungi dari tulah yang dilimpahkan kepada Mesir yakni kematian anak sulung. Dan pada saat itu juga bangsa Israel memulai perjalanan keluar dari tanah perbudakan. Kemudian ada pemaknaan akan roti tidak beragi sebagai lambang penyertaan Allah dalam membebaskan umat-Nya. Bangsa Israel dalam perayaan Paskah memakan roti tidak beragi sebagai pemaknaan akan memori peristiwa perjalanan nenek moyang bangsa Israel yang pada saat itu keluar dari tanah perbudakan dengan roti tidak beragi sebagai makanan mereka. Tradisi perayaan paskah dibaharui dalam Perjanjian Baru melalui peristiwa perjamuan malam yang dilakukan Yesus dengan murid-murid-Nya. Bukan lagi roti tidak beragi dan darah domba melainkan lebih dari itu yakni tubuh Kristus.

1 Korintus 11 ayat 23-34

Teks ini membahas terkait perjamuan kudus yang dilakukan orang-orang di Korintus. Mereka menodai perjamuan kudus dengan mengubahnya menjadi pesta. Orang kaya makan seperti orang rakus sementara orang miskin dipinggirkan Karena tidak membawa makanan sebab mereka tidak memiliki makanan. Hal ini memicu perpecahan dalam jemaat sehingga Paulus mendesak untuk menghentikan pesta seperti yang dilakukan pada saat itu dan segera kembali seperti pelaksanaan perjamuan kudus yang dilakukan sebagai peristiwa untuk mengenang kematian yang penuh pengorbanan dari Yesus Kristus bagi manusia.

Dalam bacaan kita pada 1 Korintus 11 ayat 23-34, Rasul Paulus menuliskan bagaimana peristiwa perjamuan malam yang dilakukan Yesus dengan murid-muridNya. Ayat 23-25 Paulus menegaskan bahwa peristiwa terkait tubuh dan darah Yesus yang diserahkan bagi umat manusia dan peristiwa itu menjadi sebuah peringatan akan Dia. Roti dan anggur menjadi lambang peringatan akan penderitaan yang ditempuh Yesus dalam menebus dosa manusia dan menjadi sumber kehidupan bagi manusia. Tetapi realita yang terjadi dalam konteks jemaat di Korintus malah menyalahgunakan tradisi perjamuan malam. Jemaat melakukan upacara peringatan untuk berpesta pora, berselisih, dan sikap jemaat Korintus tidak memperlihatkan bagaimana seharusnya pelaksanaan perjamuan.

Melalui bacaan kita, dapat kita simak bahwa perjamuan kudus dilakukan untuk menjadi peringatan akan Kristus, untuk membuat segar dalam ingatan kita akan kebaikan-Nya, Ia mati demi kita dan peristiwa perjamuan malam itu adalah untuk mengingat akan perjuangan akan penderitaan yang dilalui oleh-Nya. Perjamuan ini bukan sekedar mengingat Kristus akan karya penyelamatan-Nya tetapi juga melalui kematiaan-Nya kita mendapatkan pengharapan yang kekal, Ia sumber dari segala pengharapan dan penghiburan. IA adalah sumber kehidupan manusia.

Dengan demikian, dalam kita melaksanakan perjamuan, tidak boleh melakukan tindakan yang tidak hormat, yang mencemarkan kekudusan akan perayaan perjamuan Karena tindakan demikian akan mendatangkan murka Allah (hukuman). Hendaklah dengan bersungguh-sungguh. Paulus memperingatkan jemaat Korintus juga kepada kita semua yang membaca bacaan ini terkait bahaya dalam menerima perjamuan Tuhan secara tidak layak, banyak orang yang melihat paskah sebagai kesempatan untuk minum dan makan (dalam perjamuan kudus bukan kebutuhan jasmani yang kita cari dan puaskan). Kembali lagi, kita diingatkan oleh Paulus untuk tidak hidup dalam hal-hal yang berbau makanan dan minuman (kepentingan perut), tidak berbicara akan kepuasan jasmani melainkan untuk mengisi kebutuhan rohani. Dan ditegaskan juga untuk senantiasa melakukan ibadah perjamuan ini terus menerus sampai kedatangan-Nya yang kedua kalinya.

Ada beberapa poin yang dapat kita pahami terkait perjamuan malam, bahwa:

  1. Perjamuan adalah bentuk peringatan manusia akan perbuatan Yesus yang setia menghadapi penderitaan demi keselamatan manusia.
  2. Perjamuan malam berbeda dengan perjamuan lainnya. Dalam perjamuan malam kita diarahkan untuk senantiasa mengingat akan tubuh Kristus yang disiksa menderita di kayu salib. Sehingga sikap kita dalam melaksanakan ibadah perjamuan ini betul-betul dijaga, periksa kelayakan diri, merenungkan diri dan hati akan kesiapan mengikuti ibadah perjamuan. (bukan semata mata adalah perayaan makan roti dan anggur perjamuan atas kemenangan terbebas dari kuasa maut dosa).
  3. Ingat akan anugerah-Nya, sebagaimana bangsa Israel menghayati betul akan perayaan paskah (penyertaan Allah membebaskan nenek moyang mereka dari perbudakan) demikian kita teguh dan menghayati karya keselamatan Allah saat peristiwa salib.

Refleksi

Melalui firman Tuhan yang sampai pada kita saat ini, kita diajak merenung dan memperbaiki diri. Yang pertama, sudahkah pemahaman kita terkait perjamuan kudus sudah benar? yakni sebagai peringatan bagi kita akan karya penyelamatan Kristus dan kesetiaan-Nya yang berkorban menderita demi kita, atau kita hanya menganggap perjamuan kudus sebagai perayaan makan minum jamuan biasa sehingga kesucian ibadah tidak kita jaga.

Kedua, sudahkah kita betul-betul melaksanakan ibadah perjamuan kudus dengan baik, atau hanya sebagai formalitas saja? Jika hanya formalitas maka perlu dibenahi cara berpikir kita untuk lebih sungguh-sungguh serius dan mempersiapkan diri dalam melakukan perjamuan kudus terlebih-lebih fokus menghayati perbuatan Tuhan dalam hidup kita. Sehingga ketika ada pergumulan ataupun pencobaan yang menghampiri kita, kita akan teguh terus berpengharapan di dalam Tuhan sebab kita betul-betul menghayati akan peristiwa penderitaan Yesus demi menghapus dosa kita. Di dalam-Nya kita lihat ada damai dan sukacita, segala yang kita butuhkan Ia sediakan dan dijanjikan kepada setiap orang yang percaya pada-Nya.

Seperti yang tertulis dalam invocation kita Yohanes 6:35 “Kata Yesus kepada mereka: Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

Artinya bahwa di dalam-Nya kita mendapatkan kepuasan, ada kepastian. Kristus adalah roti bagi jiwa seluruh orang percaya, sumber kehidupan itu. Seperti halnya roti biasa bagi tubuh jasmani, roti itu memberi zat makanan dan mendukung kehidupan rohani yang menjadi sumber kehidupan rohani. Demikian Kristus adalah sumber damai sejahtera, kebenaran dan Juruselamat kita. Sehingga selaku orang percaya, akan sangat merasa hampa, kekosongan apabila hidupnya jauh dari Firman Allah. Kita ketahui bahwa roti merupakan benda mati namun perumpaan dari kalimat “Ia adalah roti yang hidup” mengartikan bahwa Kristus terus hidup, sebagai roti yang kekal, yang tidak pernah berjamur dan akan senantiasa menjadi penopang kehidupan. Datanglah kepada-Nya Sang sumber kehidupan.

Melalui kebaktian ini, Allah mengingatkan kita tentang kasih-Nya yang begitu besar kepada kita manusia, terwujud dalam penderitaan ataupun kesengsaraan-Nya di kayu salib. Jika kita melihat situasi dimana sehari sebelum Yesus disalibkan, Yesus sudah mengetahui akan perjalanan hidup-Nya yang berakhir di kayu salib demi kita manusia. Tetapi Ia setia, menerima jalan yang akan Ia hadapi yakni penderitaan, kesengsaraan demi mewujudkan karya pembebasan Allah akan maut dosa. Selaku orang percaya, hendaklah ingat selalu pengorbanan Allah agar kita, Ia tidak mementingkan diri-Nya sendiri melainkan untuk kepentingan banyak orang yakni seluruh manusia. Demikian halnya dengan kita, mari buang sifat-sifat egois yang hanya mementingkan diri sendiri terlebih terkait dengan hal-hal yang berbau duniawi. Marilah kita contoh sikap Kristus yang rendah hati dan tidak egois. Mari lebih bijak menjalani kehidupan agar tidak terus menerus terjerumus dalam dosa. Jika kita betul-betul mengingat bagaimana sengsaranya Yesus pada saat itu, maka kita akan jauh lebih hati-hati dalam bersikap dan bertingkah laku di dunia ini. Kita akan senantiasa hidup berpatokan di dalam-Nya sebab Dia sumber kehidupan yang sejati. Dan ingatlah, bahwa kematian dan kebangkitan Kristus harus menjadi bagian dari dalam hidup kita yang harus kita beritakan kepada semua orang.

Vio Eliasna Br Tarigan - (Mhs Praktek UKSW)

Info Kontak

GBKP Klasis Bekasi - Denpasar
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate

GBKP-KBD