• WhatsApp Image 2022 02 11 at 11.07.57

  • 20170204 143352
  • 1 peresmian rumah dinas surabaya
  • WhatsApp Image 2022 02 11 at 11.07.58
  • pencanangan tahun gereja bks dps
  • WhatsApp Image 2022 02 11 at 11.07.57 1
  • BPMK GBKP KLASIS BEKASI DENPASAR PERIODE 2020-2025
  • PERESMIAN RUMAH PKPW GBKP RUNGGUN SURABAYA

Jadwal Kegiatan

Kunjungan Moderamen GBKP ke GBKP Klasis Bekasi-Denpasar

Minggu 14 Mei 2017:

1. GBKP Runggun Bandung Pusat

2. GBKP Runggun Bandung Timur

3. GBKP Runggun Bandung Barat

4. GBKP Runggun Bekasi

5. GBKP Runggun Sitelusada

Lomba Cipta Lagu Ibadah Anak KA-KR 2014

Written by Super User on . Posted in Umum

Musik adalah hal yang sangat menyatu dengan kehidupan manusia. Musik merupakan sarana expressi perasaan, pikiran, nilai nilai atau jiwa dari manusia. Bahkan musik juga menjadi media penyampaian pesan atau pembelajaran yang sangat efektif, karena selain gampang di cerna, ia juga bertahan cukup lama dalam memori manusia.

Di dalam kehidupan gereja, nyanyian/ musik juga merupakan bagian yang sangat menyatu sebagai sarana expressi iman, baik pujian dan kesaksian dari jemaat. Bahkan musik hampir mendapat 40% dari total seluruh waktu dalam suatu ibadah gereja. Mengingat besarnya fungsi dan efektifitas musik dalam suatu ibadah, maka sangatlah penting gereja memberi perhatian yang serius atas nyanyian dan musik. Salah satu diantaranya adalah dengan mengangkat potensi musikal yang kontekstual dengan gereja kita, baik syair, nada, melody, rhythm, harmony, dan jiwa Karo.

 

Sehubungan dengan tema tahunan gereja GBKP di tahun 2014 ini, yakni Peningkatan SDM jemaat GBKP, maka pengurus Mamre GBKP Klasis Jakarta Banten merasa perlu untuk membuat kegiatan “Lomba Cipta Lagu Ibadah Anak KAKR GBKP 2014” dengan melibatkan jemaat yang berminat mencipta lagu atau para seniman karo yang pada ahirnya dapat memperkaya rubrikasi nyanyian anak dan meningkatkan kualitas peribadahan anak anak nantinya.

Adapun tema dan kriteria lagu yang di lombakan adalah;

  1. Lagu pujian atas kebaikan dan kebesaran Allah
  2. Kesaksian/ pengalaman tentang indahnya hidup di dalam kasih Tuhan
  3. Bernuansa gembira, dan berbahasa Karo

Pendaftaran peserta adalah langsung mengirimkan lagu ciptaannya kepanitia dengan menyebutkan; Nama pencipta lagu, alamat, alamat email (jikalau ada), asal anggota gereja GBKP, nomor handphone yang dapat dihubungi, pendaftaran tidak dikenakan biaya (gratis).

Alamat dan contact person panita adalah;

Lagu ciptaan dapat dikirim melalui fasilitas pos surat atau kirim melalui email ke panitia

Dengan alamat pos surat ke Kantor GBKP Klasis Jakarta Banten Jl. Swa Daya 5 No. 56 Cempaka Baru, Jakarta Pusat 13350. Untuk peserta yang mengirimkan lagu nya via email maka sebaiknya mengirimkan ke semua panitia 3 (tiga) orang alamat email tersebut dibawah ini untuk memastikan lagu terkirim dengan baik.

  • Indra Tanjung Barus – hp# 0812.98.555.251 / Email# This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Tuah Sangapta Bangun - hp# 0817.9009.473 / Email# This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  1. Iskandar Purba – hp# 0813.3816.6903 / Email# This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Ketentuan persyaratan peserta adalah terbuka untuk umum, anggota jemaat GBKP atau simpatisan. Peserta dapat mengirimkan lagu nya lebih dari satu lagu. Naskah lagu yang telah dikirim tidak dikembalikan. Hak cipta lagu milik pengarang, dan panitia boleh mempublikasikannya. Naskah lagu diterima panitia paling lambat tanggal 20 Austus 2014 (cap pos) atau tanggal pengiriman email. Pengumuman 10 lagu terbaik akan diumumkan oleh panitia paa tanggal 20 September 2014, serta penganugerahan penghargaan kepada 10 lagu terpilih dilaksanakan pada acara pentas lagu yang akan dilakukan tgl; 18 Oktober 2014 di gereja GBKP Jakarta Pusat, Jl. Swadaya 5 No. 56, Cempaka Baru- Jakarta Pusat.

Kriteria penilaian Juri adalah; Isi dan syair lagu harus sesuai dengan kesaksian Alkitab, Teologia dan Iman gereja GBKP. Inspirasi dan syair lagu dapat diambil dari Alkitab dengan menuliskan perikop yang disadur atau yang menjadi sumber inspirasi (misal; Lukas 5:1-11). Lagu dapat juga disusun berdasarkan pengalaman atau kesaksian pribadi yang sifatnya dapat menjadi ungkapan pengalaman dan kesaksian iman percaya bersama. Durasi lagu paling panjang 32 birama dan paling pendek 16 birama. Lagu mudah dinyanyikan, sederhana, mudah dimengerti dan dihafal oleh anak anak KAKR. Wilayah nada = range vocal dapat dijangkau oleh anak anak. Syair lagu haruslah berbahasa Karo yang baik, sopan dan benar, bukan bahasa gaul. Lagu tidak mengandung unsur yang dapat menimbulkan konflik. Lagu yang dicipta adalah asli ciptaan sendiri, belum pernah dipergunakan, dilombakan dan atau sudah dicetak bukukan sebelumnya.

Penilaian juri adalah; Bobot/ isi/ pesan dalam syair. Konsistensi tema dengan pilihan kalimat dalam syair. Keindahan/ keserasian kolaborasi melodi dan rhythm. Improvisasi lagu tidak menjadi penilaian juri.

Hadiah - Untuk 10 (sepuluh) lagu yang mendapatkan nilai terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa hadiah plakat dan bonus Rp. 2 juta per lagu. Untuk peserta yang mengirimkan lagunya lebih dari satu dan menang, maka HANYA mendapatkan 2 (dua) hadiah pemenang.

Lain lain- Notasi lagu dapat ditulis dengan not angka berikut syairnya dan atau dengan not balok berikut dengan syairnya yang diketik dengan komputer dan atau dengan tulis tangan namun harus bersih, jelas dan dapat dibaca. Lagu dapat juga dikirim dengan merekamnya dalam bentuk midi file atau dengan CD audio dengan format MP3 ke alamat tersebut diatas, namun si pengirim harus mengkonfirmasi via sms ke handphone panitia tersebut diatas bahwa lagu tersebut sudah terkirim. Keterangan lagu yang dikirim meliputi informasi sbb; Judul lagu. Birama. Nada dasar. Nama pencipta lagu. Jumlah lembar per lagu yang terkirim dsb.

Untuk ketentuan ketentuan yang belum diatur dalam surat pedoman ini akan diatur lebih lanjut oleh panitia.

Bagi teman teman yang menginginkan data informasi tentang perihal Lomba Cipta Lagu ini maka dapat mengakses ke internet dgn website www.klasis-jakben.org, atau dapat menghubungi sdr. Indra Tanjung barus untuk mendapatkan proposal lomba melalui kiriman email serta mempertanyakan hal hal yang bersifat detail tehnikal yang belum tertera di proposal – TUHAN MEMBERKATI DAN SELAMAT BERKARYA.

Info Kontak

GBKP Klasis Bekasi - Denpasar
Jl. Jatiwaringin raya No. 45/88
Pondok Gede - Bekasi
Indonesia

Phone:
(021-9898xxxxx)

Mediate

GBKP-KBD